6 Cara Sehat Kerja di Malam Hari

1. Perhatikan pola makan saat kerja malam hari

Sebelum berangkat bekerja, pastikan Anda makan malam dulu. Hal ini dilakukan agar proses pencernaan tetap lancar dan sehat dalam memberikan energi di malam hari. Dan usahakan untuk mengurangi konsumsi minuman yang berkafein, sebab kafein dapat memberi akibat buruk pada tubuh Anda.

2. Perhatikan minuman untuk shift malam

Pada saat Anda bekerja malam hari, perbanyaklah minum air putih, sebab pada saat tubuh dalam kondisi stres akan membutuhkan lebih banyak cairan. Selain itu, minum Jus alami adalah minuman terbaik pada malam hari, seperti jus jambu atau jus jeruk dari buah asli. 

3. Suplai vitamin untuk meningkatkan efisiensi kerja

Untuk mengatasi resiko dampak negatif dari bekerja malam hari, maka berikan tambahan suplai vitamin yang cukup untuk tubuh, seperti mengonsumsi vitamin B kompleks, kalsium dan magnesium. Sebab, vitamin-vitamin tersebut bisa mengurangi risiko gangguan kesehatan akibat dampak bekerja hingga larut malam, sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja.

4. Jangan merokok

Usahakan jangan merokok pada saat Anda bekerja malam, sebab rokok ini mengandung nikotin yang dapat bertindak sebagai stimulan, dan pada akhirnya akan memperburuk keadaan kesehatan tubuh Anda.

5. Gaya hidup sehat dan olahraga

Meskipun Anda bekerja pada malam hari, namun Anda harus tetap mempertahankan gaya hidup sehat. Usahakan berjalan atau jogging dan berolahraga minimal setengah jam sehari. Anda juga bisa berenag, lari-lari, atau fitness, untuk membantu mempertahankan tingkat kebugaran tubuh dan dapat juga untuk menyediakan dukungan tidur yang sehat.

6. Pastikan tidur cukup dan berkualitas 

Sebelum Anda berabgkat bekerja, usahakan Anda mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Buatlah jam tidur Anda sama dengan jumlah jam tidur dan kondisi tidur sewajarnya (7 jam per hari) atau pada hari-hari biasanya. Sehingga pada malam hari Anda bisa bekerja lebih baik.

Komentar

Postingan Populer