tahukah kamu KREAVI.com ?

Kreavi.com? Jika dilihat dari namanya, sepintas pikiran kita akan tertuju pada kata kreatif atau kreativitas. Ya, tepat sekali. Kreavi.com adalah sebuah situs jejaring sosial sekaligus mediajob seeker/hiring nya para pekerja kreatif di Indonesia. Situs ini mirip seperti twitter, dimana penggunanya bisa mem-follow siapapun yang terhubung dalam situs ini.  

Kreavi.com dikembangkan oleh Benny Fajarai sejak Desember 2011. Akhir tahun kemarin saya berkesempatan untuk ketemu langsung sama orangnya dalam acara DesignCooking di Kantor Smart*ren Jakarta #ehsiapayangnanya. Oh iya, mas Benny ini masih 23 tahun'an loh. Keren kan ya? Muda yang kreatif.  Kreavi.com ini baru berumur sekitar 1,5 tahun dan diresmikan pada bulan Agusutus 2012. Sampai sekarang penggunanya telah mencapai 2700 pengguna. 

Situs Kreavi.com ini pada dasarnya dibangun dengan tujuan untuk menghubungkan para pelaku industri advertising, animasi,arsitektur, seni rupa, fotografi, web design, bahkan UX designer sekalipun. Yaa, boleh dibilang tempat nongkrong digitalnya orang-orang kreatif di Indonesia. Mengapa saya me-review tampilan dari situs ini? Pastinya, tempat kumpulan orang-orang kreatif, tampilan tempat nongkrongnya juga gak afdhol kalau ga kece. Yuk, langsung saja kita lihat antarmuka awal dari www.kreavi.com ini ... 
  
Login/Sign Up Kreavi.com


Halaman pertama juga menyuguhkan fitur umum situs jejaring sosial lainnya : Sign Up/Login. Jika kita sudah memiliki akunnya, maka kita hanya meng-klik link login di pojok kanan atas dan muncul kotak kecil tanpa membuka page baru. Selain itu, link Sign Up juga tersedia dalam kotak Log in tersebut. Hal ini tentu menghemat waktu dan efisien bagi pengguna. 

Selain lewat link log in, user baru yang ingin bergabung dalam situs ini juga bisa langsung meng-klik button yang mencolok ketika membuka halaman awal kreavi, yaitu berupa button berwarna hijau bertuliskan SIGN UP HERE. Menariknya, user seakan ditantang dengan adanya 2 kata : "Upload Projectmu" di atas button SIGN UP tersebut.

Read Kreavi Blog
Oke, setelah kita log-in misalnya kita ingin membaca blog Kreavi. Kita pilih dan taraa.. inilah tampilan dari halaman Blog Kreavi. Jadi, selain jejaring sosial, kita juga bisa membaca tulisan-tulisan para kreativa Indonesia di halaman ini. Pengelompokan tulisan sudah rapi dan terkesan clear and neat ditambah adanya fasilitas popular tags yang memudahkan pengunjung mencari tulisan-tulisan yang layak baca. Kekurangannya satu, harus log in lagi ke akun kreavi untuk berpartisipasi dalam blog kreavi bernama SNACK ini.

Gallery 


Pilihan ke 2 yang ditawarkan setelah user log in adalah pilihan menuju Gallery. Selain melalui tombol yang disediakan, pengunjung sebenarnya juga bisa memilih menu Gallery di navbar bagian atas. Halaman Gallery adalah halaman inti dari karya-karya para talenta tanah air yang tergabung dalam kreavi.com ini. Kita bisa melihat gallery ini berdasarkan Kategori nya misal : Arsitektur, Digital Art, Ilustrator dll  atau bisa melalui karya Most Favourite, waktu Publish (misal 1 week, today dll), Featured, Liked, dan bisa juga melalui Keyword yang diinginkan.Fitur yang cukup banyak dan sangat bermanfaat untuk pengunjung. Penempatannya juga rapi dan terkesan modern.

Post A Job 
Nah, di halaman awal kreavi.com juga terdapat link "Post Job" di bagian kanan atas sebelah link "Login". Link ini akan mengantar kita pada halaman untuk para Advertiser yang mencari talenta-talenta kreatif dengan cara membuka job-job untuk para designer yang tergabung dalam situs ini. Selain berupa Link, di sebelah button SIGN UP HERE juga terdapat button dengan warna hijau yang mencolok bertuliskan POST A JOB. Strategi yang bagus untuk menarik perhatian pengunjung yang ingin meng-iklankan Job yang ditawarkannya. Content halaman mudah dipahami dan memiliki komposisi yang teratur. Inilah tampilan halaman dari Post A Job.. 

Apa itu Kreavi 
Pada halaman awal, di bagian ini juga terdapat penjelasan "Apa itu Kreavi" sebagai pengenal/deskripsi mengenai situs ini. Menurut saya, hal ini sangat membantu para pengunjung yang belum tahu atau (istilahnya) tersesat masuk ke situs ini. Penempatan "Apa itu Kreavi" juga strategis karena tepat berada di bagian bawah judul site : DESAIN DAN KREATIVITAS VISUAL UNTUK INDONESIA. Dengan warna background gelap dan berada di tengah-tengah halaman, tentunya memudahkan pengunjung untuk memfokuskan pandangan ke arah sana. Ketika kita mengklik dan membaca deskripsi dari "Apa itu Kreavi", kesan awal yang ditangkap oleh mata adalah dominasi warna biruyang memang menjadi ciri khas Kreavi. Mulai dari Logo sampai dominasi template site-nya. Warna yang sesuai dengan tagline kreavi : "Kreativitas dan Teknologi".

Selain itu, dengan bergaya one page-scrolled nya memudahkan kita untuk mengenal kreavi lebih banyak dengan bantuan tombol panah ke bawah yang ada di di pinggir halamannya. Sehingga beberapa deskripsi seperti Job Posting, Tujuan Kreavi, dll mengenai apa itu kreavi hanya dijelaskan dalam 1 halaman bergaya "One Page with Scroll Effect".

Kemudahan lainnya adalah tidak hanya deskripsi dari "Apa itu Kreavi" saja yang ditampilkan, tapi ada button-button yang responsive di beberapa deskripsi seperti Job Posting : terdapat tombol post a new job atau di bagian terakhir ada tombol Contact yang mempermudah pengguna mengetahui lebih lanjut mengenai profil dari kreavi tersebut. Selain itu,navigasi di bagian atas yang terdiri dari : KREAVI, GALLERY,JOBS dan PEOPLE dan juga footer yang terdiri dari : SNACK, KUMPUL, CHALLENGE dan MORE masih dapat kita lihat meskipun kita telah berpindah dari halaman utama kreavi ke halaman "Apa itu Kreavi". Ini memudahkan user untuk berpindah ke menu lain. 

Kekurangannya mungkin tidak disediakannya tombol "To Top" secara langsung untuk kembali ke bagian awal dari "Apa itu Kreavi" sehingga user hanya disediakan pilihan untuk men-scroll halaman secara manual. 

Featured Project
Ketika kita kembali ke halaman awal, terdapat gambar-gambar yang merupakan kumpulanfeatured Project atau artinya project-project yang mendapat penilaian istimewa. Di sana terdapat judul Project, author project dan jumlah visitor dan person who like.
   
Ketika kita meng-klik judul project-nya misal : Gunungan Wayang, maka pengunjung bisa melakukan : komentar, menshare ke twitter, pinterest, G-plus dan facebook, melihat project dari creator yang sama serta me-like projectnya. Pengunjung juga bisa memberikan komentar layaknya mention di twitter. Komposisi dan layout-nya sudah baik dan rapi. Selain itu, pengunjung bisa melihat karya-karya lain dari si creator project tersebut. Fitur yang cukup baik untuk menghargai arti sebuah karya seni digital :)

Sambil menyelam minum air, gak ada salahnya langsung terkoneksi dengan para kreativa Indonesia. Kita bisa melihat user yang tergabung di kreavi.com ini dengan memilih link People di navigasi bagian atas. Setelah dibuka, akan diperlihatkan list user yang tergabung di kreavi.com ini. Baik user yang sifatnya aktif menshare karyanya maupun hanya pengunjung yang sekedar melihat dan mengapresiasi karya-karya yang ada di situs ini. Kita bisa melihat user berdasarkan spesifikasi keahliannya misal : Ilustrator, berdasarkan tempat tinggalnya (misal Bandung) atau juga berdasarkan keyword yang kita inginkan. Di sana, terdapat beberapa info user seperti projectnya, banyaknya pengunjung yang melihat karyanya dan total like yang didapatkan dari hasil karyanya untuk menjadi bahan pertimbangan kelayakan untuk mem-follow seseorang. Susunannya sudah rapi dan mudah untuk dipahami oleh pengunjung.

Jobs


Apakah kamu seorang Graphic Designer? Membutuhkan pekerjaan? Kreavi.com pun menjawab permasalahan ini. Di halaman Jobs, ada banyak pekerjaan yang ditawarkan berdasarkan kategorinya : Part/Full Time, Freelance maupun Internship. Banyak start up company maupun perusahan-perusahan lainnya yang membuka lowongan untuk meng-hire freshgraduate maupun para profesional kreatif Indonesia yang bertalenta. Penggunaan check dan unchecklist sangat memudahkan kita untuk melihat job yang tersedia hanya berdasarkan beberapa kategori atau semua kategori pekerjaan. 

Kesimpulan
Secara keseluruhan, saya cukup puas dengan layout, warna dan accesibiliy dari web Kreavi.com. Dengan tampilannya yang fresh dan modern serta kemudahan pengunjung dalam mengaksesnya, web ini sudah cukup dikatakan sebagai responsive website. Jejaring sosial yang mudah diakses dan loading tidak terlalu lama untuk ukuran website dengan gallery gambar. Kemudahan akses juga dirasakan dari konsistensi link navigasi atas dan bawah setiap kali me-load halaman lain. Hal ini tentuk memudahkan user untuk kembali ke halaman awal atau halaman lainnya. Misalnya saja untuk mempost-project, user hanya tinggal mengarahkan kursor ke link namanya di pojok kanan atas lalu pilih new project. Maka user akan digiring untuk mempublish project/karya seninya. Jejaring sosial yang recommended untuk para pencinta seni khususnya desain grafis :)

Review akun saya nih .
http://www.kreavi.com/mnoorfuad



http://whinaal.blogspot.co.id/2014/02/review-interface-kreavicom.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer