Sudahkah kamu Kreatif ?

“Kreativitas menunjukkan keunikan seseorang. Kreativitas adalah kemampuan untuk melihat sesuatu dengan cara yang baru dan berbeda, untuk melihat masalah yang bahkan tidak disadari oleh orang lain dan kemudian memberikan jawaban yang baru, tidak biasa dan efektif terhadap permasalahan yang ada.” 

Dalam beraktifitas sehari - hari, sebenarnya banyak hal yang dapat kita lakukan secara kreatif agar aktifitas yang kita kerjakan berjalan dengan baik sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Uniknya dalam pandangan kita sendiri merasa bahwa sesuatu yang telah kita kerjakan, hanyalah selesai dalam tahap usaha keras dan tekun untuk menyelesaikannya. 

Sebenarnya timbul usaha kreatif di sela-sela kita beraktifitas tanpa kita sadari, entah itu kita beraktifias sebagai individu ataupun sebuah team / organisasi yang besar. Seberapa kreatifkah usaha itu? Jangan hanya berpikir keras, temukan jawaban tersebut dengan cara memperkuat kreatifitas anda lebih kuat dari sebelumnya. Berikut beberapa cara memperkuat kreatifitas :
  • Melonggarkan Kontrol. 
Seseorang yang terbiasa dengan supervisi dan kontrol yang ketat akan kehilangan spontanitas dan kepercayaan diri yang sangat penting dalam semangat kreatif.
  • Menginspirasi Kesungguhan. 
Semua energi kreatif di dunia tidak akan berguna bila produknya tidak dilihat sampai selesai. Tunjukkan penghargaan terhadap usaha yang dilakukan seseorang. Tekan impuls untuk menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab orang lain.
  • Menoleransi “offbeat”. 
Tunjukkan pada anggota tim bahwa mendapatkan jawaban yang “benar” dari sebuah masalah tidak selalu kritikal – bahwa yang terpenting adalah pendekatan yang novel, inovatif, dan unik.
  • Menyediakan Atmosfer Kreatif. 
Materi kreatif harus tersedia untuk digunakan. Beberapa peralatan dasar seperti buku, catatan, materigambar, dll.
  • Perencanaan dan Pemecahan Masalah. 
Mendorong pemecahan masalah yang kreatif dengan berbagai cara. Mengajak anggota tim untuk melihat alternatif, mengevaluasi alternatif, dan kemudian menentukan bagaiman cara melaksanakan alternatif tersebut dengan sukses.
  • Menawarkan – tetapi tidak menekan. 
Tahan godaan untuk melakukan aktivitas yang terorganisasi berlebihan dalam rangka menumbuhkan kreativitas. Berikan waktu sendiri kepada tiap individu untuk mengembangkan kreativitas yang ada dalam diri kita.

Sedikit Petunjuk :
Pilih satu latihan dan selesaikan. Jika waktu masih tersedia, bisa juga dilakukan dua atau tiga latihan. Jika Anda bekerja dengan grup yang lebih besar, bagilah grup menjadi beberapa tim yang lebih kecil dan setiap tim bisa memilih misalnya latihan satu sampai tiga untuk dilakukan, setelah itu tim bisa berkumpul untuk menyampaikan hasil yang diperoleh. 

Komentar

Postingan Populer