Behind The Scene sang Creator komik si JUKI


Hai para pembaca yang sangat kreatif dan inovatif, sudah pada kenal nggak sama sang creator komik si JUKI yang akhir-akhir ini sering di perbincangkan oleh khalayak Indonesia. Nah tepat kemaren saya bertemu langsung dengan si pembuat komik tsb dalam sebuah acara bertajuk kreatifitas. Penasaran kan siapa sebenarnya creator jenius ini, dia bernama lengkap Faza Ibnu Ubaidillah atau akrab disapa teman-teman Faza Meonk.

Faza sendiri awal mula mengolah karakter si Juki ini karena dia merasa resah dengan minimnya karakter lokal dan juga kurang polpulernya karakter-karakter lokal di masyarakat Indonesia. Semenjak kecil Faza sudah di berikan pengenalan dunia perKomikan oleh Ibunya karna saat itu kata Faza dia jarang amat dibeli in sebongkah mainan oleh Ibunya. Ibunya selalu membelikan Faza sebuah buku cerita atau komik bukan mainan yang notabennya selalu diinginkan oleh banyak anak-anak.

Setelah banyak membaca buku cerita dan komik, Faza merasa termotivasi untuk menjadi seorang komikus. Betapa kreatifnya pengolah komik sehingga dapat membuat para pembaca kagum akan karya-karya yang mereka ciptakan. Nggak mau kalah dari creator-creator komik yang populer dari jepang jaman sekarang seperti Naruto, One Piece, dsb, akhirnya Faza mencoba membuat terobosan baru dengan membuat karakter lokal dari Indonesia yang dia beri nama si Juki.

Faza bercerita mulanya karakter si Juki ini muncul ketika faza semakin resah disaat masuk perkulihan pada Jurusan Desain Komunikasi Visual, dia melihat banyak mahasiswa DKV yang hanya berkreasi seperti biasa karna tuntutan tugas, hanya pamer gadget-gadget modern yang menunjang perkuliahan DKV, serta modal eksis tanpa ada niatan lebih untuk membuat terobosan baru. Awalnya Faza ingin menyindir mereka-mereka seperti contoh tadi melalui akun sosial media Faza, tetapi setelah di pikir-pikir Faza memutuskan akan lebih menarik jika dia mengemasnya melalui sebuah karya yang fresh dan lucu seperti komik.

Dari sinilah muncul karakter si Juki yang diceritakan dalam komik. Faza mengira karakter atau komik si Juki ini hanya akan diminati oleh mahasiswa jurusan DKV saja dengan alasan tema yang di usung oleh komik si Juki ini adalah keresahan mahasiswa DKV atau segala macam Aib-aib dari mahasiswa DKV, alhasil testimoni atau review di twitter serta akun sosmed si Juki lainnya heboh oleh seluruh jurusan permatakuliahan, jadi merembet kemana-mana. Ternyata apa yang di alami oleh mahasiswa DKV juga rata-rata tidak jauh berbeda pernah di alami oleh Mahasiswa jurusan lainnya.

Tepat pada tahun ini setelah si Juki terkenal, Faza memutuskan untuk mendirikan sebuah Industri Kreatif yang mengumpulkan para kreator muda asal Indonesia untuk bersatu dan berkreasi mengolah karakter-karakter lokal yang mampu membawa perubahan untuk para generasi pemuda pemudi Indonesia agar lebih mencintai produk lokal yang Faza sendiri mengungkapkan komik-komik yang nanti akan diciptakan nggak bakal kalah dari Naruto, Doraemon, Detektif Conan, dsb. Untuk mengetahui lebih jauh tentang Pionicon kalian bisa langsung masuk ke link berikut www.pionicon.com

Nah setelah berbincang banyak dengan Faza, Faza pun memberikan sedikit pesan pada kreator muda kreatif Indonesia, Teruslah berkreasi jangan gampang menyerah, semangat terus mengejar cita-cita, dan harus konsisten dalam mengerjakan karya-karya kamu. Pasti bakal ada jalan yang terbuka kelak, jangan takut dan gampang minder, kita sama-sama mulai dari 0 "Nol" kok dulunya, ayo lebih ditingkatkan lagi semangatnya dalam berkreatifitasnya. Sampai jumpa di Event kreatif berikutnya, saya yakin kalian pasti Bisa!

Sudah pada punya pandangan untuk apa yang harus dilakukan setelah membaca blog ini. Tentukan arah kreasi dan kreatifitas kamu mulai sekarang. Ayo maju bersama, kembangkan bersama, apresiasi bersama karya-karya lokal anak muda bangsa Indonesia. Kalo bukan sekarang? Mau Kapan Lagi? "Let's Moving on and keep Spirit of change to be Indonesian Creative People!" 

Komentar

Postingan Populer