Review SpeakUp #3 "CREATIVITY FOR CHANGE"

Hai, para pemuda kreatif Surabaya. Tepat hari ini Sabtu tanggal 22 Agustus 2015, ada acara keren banget yang bertemakan "CREATIVITY FOR CHANGE". Gilak banget nih acara, yang ngisi materinya para desainer, komikus, serta Enterpreuner top Indonesia. untuk lebih jelasnya, lihat di posternya nih .


Moderator yang membawakan acara ini pun sangat kreatif dalam mengajak para peserta berInteraksi dan memahami maksud dan tujuan acara ini di adakan. Dapat saya katakan, acara ini benar-benar keren dan membawa dampak yang sangat besar bagi pemuda-pemudi Surabaya dan sekitarnya, untuk terus berKreatifitas, mengembangkan kemampuan, dan memperkuat mental pemuda bangsa untuk selalu berKreasi.

Moderator menyampaikan, sebagian besar pemuda pemudi Indonesia masih memiliki mental yang sangat rapuh, atau bisa dibilang"cemen". Hanya mau menjadi orang yang selalu disuruh, tukang, di bayar dulu baru mau bergerak. Kurangnya semangat untuk mengolah karya yang baru dengan keniatan sendiri tanpa di perintah oleh orang atau terkekang oleh suatu tugas dan tuntutan.

Salah satu pengisi materi, CEO Layaria Dennis bercerita bahwa dulunya dia sempat merasa salah langkah ketika memutuskan untuk menjadi seorang pembuat sinetron. Sinetron merupakan tontonan sehari-hari yang sering dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Selang beberapa lama mengurus Sinetron, Dennis merasa terjadi pembodohan mental serta berkurangnya sisi realistis pada penikmat sinetron, seakan-akan mereka membayangkan apa yang ada di sinetron merupakan cerminan realistis pada kehidupan nyata. Sinetron sendiri diartikan bagi Dennis merupakan tayangan yang terlalu mendramatisir, lebay atau terlalu dilebih-lebihkan. 

Seketika itu, Dennis akhirnya keluar dari dunia Sinetron dan membangun sebuah Industri Kreatif yang dinamakan Layaria Network. Layaria Network sendiri terfokus pada bidang video atau serial film interaktif yang banyak memberikan pesan motivasi untuk membawa perubahan bagi para pemirsanya. Tidak hanya sekedar tayangan biasa, Layaria Network mengusung video-video kreatif dan inovatif yang di buat oleh beberapa creator dari seluruh penjuru Indonesia. Dengan berdirinya Industri Kreatif Layaria Network, harapannya Dennis adalah memberikan sarana yang sangat besar bagi creator muda kreatif Indonesia untuk lebih semangat berKreatifitas, membuka jalan untuk berPartner saling sharing kreasi-kreasi baru yang mungkin kelak akan sangat berguna untuk bangsa Indonesia.

Disamping Dennis juga ada tiga komikus kreatif pengisi materi yaitu, Sunny & Ockto (Kosmik), serta Faza (Pionicon). Mereka dan juga Dennis menceritakan sebuah konsep ide yang fresh dan kreatif mengenai rancangan kreasi bersama yang bakal launching tahun ini. Mereka membuat project sebuah komik motion yang notabennya di Indonesia masih belum populer. Komik ini mengangkat tema tentang sejarah dari Indonesia yang diberi judul Surya Raka. Surya Raka sendiri becerita tentang sejarah kerajaan Majapahit. Seperti yang kita ketahui generasi muda jaman sekarang sangatlah minim akan pengetahuan tentang masa-masa sejarah bangsa Indonesia.

Harapan pembuatan komik motion Surya Raka ini agar pemuda-pemudi generasi muda bangsa Indonesia terpacu untuk mendalami sejarah bangsa Indonesia, lebih aktif dalam mengkritisi budaya bangsa sendiri. Lebih peduli juga terhadap budaya, kreasi dan karya-karya anak bangsa sendiri agar kelak kita tidak akan pernah lupa tentang tanah kelahiran sendiri. Besarkan nama Indonesia dan jadilah agen pendobrak perubahan agar Indonesia dapat lebih dikenal dan dihargai oleh negara-negara lain.

Sesi pertanyaan pun di buka saat hampir tiba di penghujung acara, saya mencoba bertanya pada keempat pemuda kreatif yang memberikan materi. Yang saya tanyakan adalah "Apa hal kecil yang dapat kita lakukan untuk menjadi sosok pemuda atau pemudi yang aktif dan kritis dalam berkreasi serta berkreatifitas untuk mengubah atau mendongkrak semangat generasi penerus atau teman-teman yang lain?" seketika saya usai mengajukan pertanyaan, Dennis langsung merespon dan menanyakan balik kepada saya agar mempermudah jawaban untuk dipahami oleh peserta lain. Percakapannya seperti ini :

Dennis : Coba kamu berdiri dulu biar temen-temen yang lain pada melihat sosok kamu lebih jelas.
Art : Oh iya. maaf. ( seketika saya berdiri )
Dennis : Apa keahlian atau hobi yang paling kamu kuasai?
Art : Saya suka menDesain, lebih tepatnya memBranding atau reBranding Logo, Stationery sebuah perusahaan atau coorporate identity.
Dennis : Apakah kamu punya Instagram? jika punya berapa followers kamu?
Art : Punya sekitar 200an
Dennis : Apakah kamu punya Twitter? sama, jika punya berapa followers kamu?
Art : Ya ada sekitar 300an
sentak suara gemuruh dari peserta lain terdengar : wuuuuuuuhh......
Dennis : kalo Facebook gimana?
Art : saya baru bikin Fb sih, jarang pake soalnya. Ya kurang lebih sekitar 100
Dennis : wah, pasti galau habis diputusin langsung tutup akun tuh.
sentak suara tawa dari peserta lain terdengar : hahahahaha.....
Dennis : Nah, berarti media promosi karya dan kreatifitas kamu sudah mudah untuk disebar melalui sosmed.
seketika moderator menyahut
Moderator : iya, saya juga mengingatkan bahwa kita menyediakan tempat untuk promosi melalui website kreatifitas anak indonesia yaitu kreavi.com 
Art : Lah iya, saya juga sudah punya akun kreavi kok.
Moderator : Coba sebutkan linknya kreavi.com / (slash) apa?
Art : kreavi.com/mnoorfu****
sentak suara gemuruh kembali dari peserta lain terdengar : wuaaaaahhhh.....
Moderator : Wah tuh karyanya bagus-bagus loh, sudah dilihat lebih dari 4000an orang.
Art : iya iya.. hehe
Dennis pun kembali bertanya
Dennis : Art, Apa di rumah kamu ada warung? atau tempat jualan bakso?
Art : Iya, pasti ada. Banyaklah.
Dennis : Nah itu, coba kamu mulai dari situ. Kamu tawarkan untuk membranding usaha mereka semisal tadi warung kamu ubah seperti model CK Circle K atau 7 Seven bergaya modern dengan visual-visual yang fresh, kan jadi menarik. Di bikin aja contoh modellingnya dari 3d.
Art : oh ya, bener bener. Makasih masukannya bang.
Dennis : Mulailah sesuatu dari yang kecil, yang mungkin jarang diperhatikan orang banyak. kan nanti kalo hasilnya bagus serta memuaskan tiba-tiba kamu (Art) langsung dicari banyak orang otomatis terkenal. Langsung tuh jadi Inspirasi banyak orang, hehe.
Art : haha, oke oke bang. Terimakasih kembali.

Kesimpulan yang bisa di ambil dari percakapan sesi tanya jawab diatas, mulailah membuka interaksi dengan berbagai orang melalui sosial media yang zaman sekarang sudah banyak penggunanya seperti Instagram, Twitter, ataupun Facebook. Setelah itu sadari keahlian yang kamu miliki lalu kembangkan, carilah hal pendukung yang dapat kamu aplikasikan dari keahlianmu, mulai dari yang terkecil dan tidak tergesa-gesa. Optimis dan selalu berpikir Positif bahwa keahlian yang kamu miliki sangatlah berguna bagi orang banyak. Maka dari itu segeralah mulai, keluar dari kamar kamu dan kembangkan selalu, gali selalu, asah selalu keahlian yang kamu miliki. "be a creative people to change every people!" 

Komentar

Postingan Populer